Kegiatan

Anggota Rakasmada Ikuti Green Scout Training degan Materi SAR

170Views

NGAWI — Menjelang pelaksanaan Green Scout Adventure (GSA) ke-19, anggota Rakasmada semakin giat mengikuti latihan. Adapun latihan dari persiapan ini disebut dengan Green Scout Training (GST).

GST pertama diselenggarakan hari Sabtu (23/11/2019) di Bumi Perkemahan SMA Negeri 2 Ngawi dengan materi dasar Search and Rescue (SAR). Dalam kesempatan ini, pelatihan dilakukan secara massal, tidak dikelompokkan ke Green Scout Unit (GSU) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan GSA.

Seperti kita ketahui cakupan SAR begitu luas, jika melihat medannya, untuk khususnya GSA ini lebih kepada SAR darat dengan berbagai kebutuhan dasar dan penguasaan materinya. Pencarian dan Penyelamatan, prinsip dasar dari pelatihan yang diselenggarakan yang nantinya akan ada simulasi dalam GSA.

Operasi SAR merupakan usaha penyelamatan jika terjadi suatu kecelakaan ataupun bencana dengan adanya suatu kerjasama dan koordinasi yang matang sehingga penyebarannya dapat terwujud sebagai suatu tindak operasi yang serasi dan efektif.

Dalam sebuah operasi SAR, tentunya dibutuhkan personil yang mampu dan memenuhi kriteria sebagai tim SAR, selain itu juga mampu membaca medan dan menguasai tekniknya.

Beberapa tugas tim SAR di antaranya, Pencarian, Triase, Penyelamatan dan PPGD, Pendataan. Untuk memenuhi tugas tersebut, tim SAR setidaknya memiliki kemampuan dalam penguasaan Navigasi darat, Survival, Manajemen PPM (Perlengkapan Pakaian Makanan), Teknik Pencarian, dan Teknik Evakuasi.

Selain itu, seorang tim SAR juga diharapkan mampu dan menguasai materi dasar lainnya seperti, Water Rescue, Medical First Responder, serta Komunikasi SAR.

Adapun Filosifi SAR yang digunakan secara umum adalah sebagai berikut,

  • Loccate : penentuan lokasi korban atau kejadian
  • Acces : penentuan cara mencapai lokasi korban atau kejadian
  • Stabilize : penanganan awal untuk perawatan korban
  • Transport : pemindahan korban untuk penanganan lanjutan

Sesuai tahapan, GST selanjutnya yang insyaAlloh diselenggarakan 14 Desember 2019 akan menekankan pada materi Navigasi Darat dengan simulasi titik-titik peta kompas secara detil dan penggunaan alat pendukung navigasi. (Ach)

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply