Info Pramuka

Setelah 45 Tahun, Badge Panda Baru Kembali Diluncurkan

121Views

VIRGINIA — Dalam perhelatan Jambore Dunia ke-24 (24th World Scout Jamboree) di Virginia Barat, Amerika Serikat, kerjasama antara World Wide Fund (WWF) dengan pramuka kembali diwujudkan dalam peluncuran badge panda baru.

“BRAND NEW Panda Badge ๐Ÿผ in partnership with @WorldScouting launched today ๐ŸŽ‰. Over 50 million Scouts around the world now have a chance to earn this badge. #PandaBadge #ScoutJamboree,” tulis WWF dalam akun twitter resminya, Kamis (25/07/2019).

WWF juga menyertakan sebuah video berduasi 51 detik yang menayangkan beberapa kegiatan anggota pramuka dunia dalam aktivitas yang saling mendukung antara pramuka dan WWF.


Lencana/Badge Panda baru tersebut menurut WWF akan mendorong Pramuka untuk mengembangkan kebiasaan berkelanjutan, memromosikan gaya hidup sehat, keanekaragaman hayati, dan alami.

“The new Panda Badge, formerly known as the World Conservation Badge aligns with the Scouts mission – 50 million Scouts making the worldโ€™s largest coordinated youth contribution to the SGDs,” tulis WWF dalam laman resminya.

Sebagaimana disebutkan oleh World Scoting, badge ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di antara para Pramuka dan menginspirasi tindakan terhadap alam dan lingkungan sebagai pengakuan atas tantangan besar yang dihadapi planet ini dan peran penting kaum muda dalam menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan.
ย 
Pastinya badge baru ini akan menginspirasi lebih dari 50 juta Pramuka dan kaum muda di 224 negara dan wilayah di seluruh dunia untuk menciptakan perubahan positif dan terus berupaya mengatasi tantangan lingkungan paling mendesak di dunia, termasuk konsumsi bahan bakar fosil dan deforestasi.
ย 
Secara khusus, badge ini membahas konsumsi yang bertanggung jawab, membantu kaum muda untuk lebih memahami dampak kebiasaan konsumtif terhadap lingkungan dan bagaimana membuat pilihan yang lebih berkelanjutan.

Anggota Pramuka dapat memperoleh lencana dengan menyelesaikan tiga tingkat kegiatan pendidikan yang sesuai dengan usianya dan melaksanakan proyek-proyek masyarakat dalam pelayanan lingkungan. (ach)

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo โ€“ Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply