Artikel

Mari Perbanyak Menanam Pohon

Pohon Kelapa. Foto-floressastra.com
63Views

Tahukah Kakak-kakak semuanya, Hari Pohon Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. Hari Pohon Sedunia diperingati sebagai salah satu bentuk usaha kita mengingat dan menghormati jasa dari J. Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat.

Morton begitu gigih dalam mengampanyekan gerakan menanam pohon. Pohon adalah tanaman terbesar di planet ini. Menurut National Geographic, hutan mencakup sekitar 30% dari planet bumi. Kita sebagai generasi muda tentunya harus turut melakukan aksi bergerak dan mencegah terjadinya kepunahan bagi seluruh mahluk hidup.

Pohon memang sangat berjasa bagi seluruh mahluk hidup, terutama bagi manusia, oleh karena itu, kita sebagai mahluk yang diberikan banyak kelebihan tentunya wajib untuk menjaga dan melestarikannya. Mari Perbanyak Menanam Pohon. Kita harus terus meningkatkan kepedulian terhadap pohon dan juga makhluk hidup lainnya seperti halnya dasadarma kedua kita, Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pohon untuk kita :

Mencegah perubahan iklim
Kelebihan karbondioksida (CO2) sebagai pemicu terjadinya perubahan iklim dapat disebabkan oleh banyak faktor. Pohon yang bersifat yang menyerap CO2, mengeluarkan dan menyimpan karbon sambil menghasilkan oksigen kembali ke udara. Satu hektar pohon dewasa dapat menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan saat Anda mengemudikan mobil sejauh 26.000 mil dalam kurun waktu setahun.

Pohon membersihkan udara
Pohon dapat menyerap bau dan gas polusi (nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida, dan ozon), serta menyaring partikulat yang keluar dari udara dengan menahannya di daun dan batang pohon.

Pohon menghasilkan Oksigen
Pohon mampu menghasilkan oksigen (O2) yang merupakan sumber nafas kehidupan kita. Dalam satu tahun, 1 hektar pepohonan mampu menghasilkan oksigen yang cukup untuk 18 orang. Pasti kita tanpa adanya pohon akan begitu sesak apalagi dengan populasi yang terus meningkat.

Pohon sebagai habitat satwa
Pohon merupakan elemen yang sangat kuat yang bisa menjadi habitat dan tempat berlindung bagi para mahluk hidup. Burung-burung bisa membangun sangkarnya di sana agar lebih aman menyimpan telur mereka dari jangkauan hewan liar di bawah yang kesulitan naik ke atas pohon. Pun juga lebah yang membangun sarangnya di atas pohon, serta tupai yang menyimpan makanan mereka di sana.

Pohon sebagai penghasil makanan
Buah berasal tentunya karena adanya pohon. Buah menjadi makanan bagi manusia serta hewan. Selain buah, daun-daun pohon juga bisa menjadi makanan manusia dan hewan. Inilah yang harus kita lakukan untuk selalu menanam pohon.

Pohon untuk obat-obatan
Berbagai ramuan obat berasal dari pohon-pohon atau tanaman yang tumbuh alami di sekitar kita. Mulai dari daun, batang, ataupun bagian lainnya mampu menjadi obat herbal untuk kita. Selain sebagai penyembuh luka, ada yang berfungsi sebagai vitamin dan juga lainnya.

Mari kakak-kakak semua, Mari Perbanyak Menanam Pohon, agar ekosistem kita selalu terjaga. Mari kita giatkan aksi satu pramuka satu pohon. (ach)

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply