Materi

Panduan Penyelesaian SKU Penegak

4.55KViews

Golongan keanggotaan di Gugusdepan Ngawi 02079-02080 pangkalan SMA Negeri 2 Ngawi adalah tingkatan Penegak. Yaitu anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun.

Secara umum usia pramuka penegak disebut pula dengan masa sosial atau masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri dan siap untuk membaktikan diri kepada masyarakat.

Sesuai Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176 tahun 2013 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega, ada bagan mekanisme pembinaan pramuka penegak yang ditempuh.

Mulai dari menjadi Tamu Ambalan, Calon Penegak, Penegak Bantara, Laksana, hingga Penegak Garuda semua ada mekanismenya, termasuk juga Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang ditempuh oleh seorang pramuka penegak.

Berikut ini adalah Panduan Penyelesaian SKU Penegak sesuai dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 199 Tahun 2011

Nah, kakak-kakak semua, mari kita terus semangat belajar dan berbagi, sehingga mampu mencapai puncak tertinggi. Kita pasti bisa. (Ach)

ads_rakasmada
RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply