Kegiatan

Pelantikan Calon Penegak XXIII

Pelantikan Calon Penegak XXIII
586Views

Karanganyar, turut serta dalam kegiatan organisasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat membangun karakter bangsa yang mandiri, inovatif, dan memiliki empati. Pada tanggal 30 september hingga 2 oktober 2016 Rakasmada (red. Pramuka SMA N 2 Ngawi) mengadakan kegiatan Pelantikan Calon Penegak angkatan XXIII (23) atau disebut PCT23 . Tahun ini merupakan tahun ke-dua PCT dilaksanakan di Sekipan Camp – Kabupaten Karanganyar, hal ini menyusul kebijakan kepala sekolah untuk melaksanakan diklat organisasi secara bersamaan.

Pada kali ini PCT diikuti kurang lebih 50 peserta yang terdiri kelas X dan XI. Kegiatan pelantikan anggota ambalan ini terdapat banyak kegiatan. Pada hari pertama peserta datang di Ground Camp Sekipan dan memasang tenda pada pukul 16.00 WIB, kemudian pada malam harinya peserta dan panitia yang terdiri dari Dewan Ambalan (DA) mengadakan sesi sharing and hearing.

Pada hari ke-dua, setelah melaksanakan sholat shubuh dan sarapan peserta melaksanakan senam pagi selama kurang lebih 30 menit dan seperti biasa senam pagi diakhiri dengan tradisi yang masih melegenda di Rakasmada yaitu “Penyerapan Energi Matahari”. Setelah melaksanakan senam pagi, peserta melaksanakan jelajah, yang mana rutenya berada disekitaran Sekipan Camp dan terdiri dan lima pos. Dibutuhkan kurang lebih tiga jam untuk menyelesaikan seluruh pos. Berada di lereng gunung Lawu medan yang ditempuh peserta cukup licin dan terjal. Bahkan beberapa peserta ada yang sampai terpeleset karena batasan waktu yang disediakan panitia ditambah lagi cuaca yang pada sore harinya hujan cukup lebat.

Menjelang magrib, karena hujan yang begitu lebat hingga banyak tenda peserta yang basah dan sudah tidak bisa digunakan lagi untuk beristirahat sesuai instruksi dari Pembina dan guru-guru yang mendampingi, seluruh peserta diklat baik Pramuka dan organisasi-organisasi lainnya segera diungsikan di Villa terdekat. Pada malam hari setelah penjelajahan seharusnya ada kegiatan api unggun, namun karena kurangnya antisipasi dan kayu api unggu yang basah ditambah lagi kondisi peserta yang kurang fit akhirnya kegiatan Api Unggun dibatalkan.

Hari ke-tiga merupakan hari terakhir bagi peserta. Menjelang waktu shubuh peserta dikumpulkan, pada sesi kali ini merupakan evaluasi selama tiga hari kegiatan. Dalam sesi ini ditentukan siapa peserta yang layak untuk mengemban badge RM Soerjo dan RA Kartini. Lepas evaluasi peserta packing dan kembali ke SMA N 2 Ngawi, dan agenda pelantikan diadakan Sekolah. Seluruh peserta dilantik oleh Kak Farid (Guru Agama).

Sebagai Pembina Kak Farid menyampaikan, “Sebagai calon anggota baru Pramuka Smada (SMA N 2 Ngawi), tentu diharapkan mampu mengimplikasikan nilai-nilai kepramukaan secara keselurahan di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu menjadi manusia yg berkarakter kuat, mandiri, displin dan berjiwa kesatria.”


Liputan Khusus Kak Gama Arsyana
Carik KampoengSmuda
Kabinet Gayeng 2016/2018

ads_rakasmada
RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply