Materi

Mengenal 5 Teknik Dasar Survival

47Views

Ada berbagai Teknik Dasar dalam Survival yang setidaknya wajib kita kuasai dan diimplementasikan saat kita berada di alam bebas. Setidaknya 5 Teknik Dasar Survival yang kita ambil dari idsurvival.com ini akan memberikan kita pengetahuan yang cukup.

API

Dengan api kita dapat menetralkan air, mengunakannya untuk memasak, sebagai sinyal penyelamat, memberikan kehangatan, cahaya dan kenyamanan, menjauhkan predator dan dapat menjadi teman untuk melewati malam.

Sebagai teknik bertahan hidup, api adalah sangat penting. Setiap orang dalam kegiatan Outdoor harus memiliki minimal dua cara untuk menyalakan api, satu orang diantara mereka harus bisa menyalakan setiap saat dan yang lainnya dengan peralatan disekitarnya. Kumpulkan kayu bakar lebih dari yang anda butuhkan, kalau anda pikir hal tesebut cukup untuk melewati satu malam, sebaiknya kumpulkan jumlah yang sama lagi, pengalaman menunjukkan bahwa Anda akan membutuhkannya.

Hematlah bahan bakar dengan membuat “star fire”, (yaitu sebuah susunan kayu, dimana ujung-ujung kayu besar bertemu di api saja). Kemudian buatlah sebuah pemantul, dapat dibuat dari selimut, gantunglah pada belakang tubuh anda ketika mengahadap ke api, hal ini dapat membantu untuk menghangatkan pungung anda.

TENDA

Tenda (atau shelter) adalah teknik bertahan hidup yang dapat melindungi tubuh Anda dari dingin, hujan, matahari dan angin. Segala sesuatu yang dapat merubah suhu badan anda pada dasarnya adalah musuh, baik itu yang bersifat panas ataupun dinggin, jadi presiapkan hal ini.

Pakaian adalah sebenarnya adalah perlindungan pertama seperti layaknya tenda, jadi milikilah pakaian yang tepat untuk lingkungan yang tepat. sebelum berangkat, latihlah diri anda untuk membuat tenda secara cepat, dan buatlah sebelum anda benar benar membutuhkannya di alam sana. Gunakan selimut untuk mencegah kelembaban atau untuk melindungi tempat tinggal Anda, atau tutupi diri dalam posisi duduk atau jongkok untuk mempertahankan panas dalam tubuh kita.

TANDA

Tehnik berikutnya adalah kemampuan anda untuk memberikan tanda bahwa anda dalam bahaya, supaya orang dapat mengenal kondisi dan posisi anda. Api, cahaya yang berkedip, spidol warna cerah, bendera, cermin, peluit semua akan membantu Anda. Api dalam bentuk segitiga adalah sinyal bahaya yang juga diakui. Hati-hati dengan sinyal api, karena dapat memicu kebakaran daerah sekitar.

Gunakan sinyal cermin biasa hanya bila kita dapat melihat pesawat, atau orang di kejauhan. Buatlah api yang mengeluarkan asap dengan bahan organik (daun yang masih basah) di atas api pada siang hari untuk menarik perhatian. Atau anda bisa ke tanah lapang untuk memberikan sinyal udara, Tanda SOS dari batu, kayu atau pakaian berwarna, apa pun akan terlihat dari kejauhan. Hal tersebut penting terutama untuk pencarian dari udara.

MAKANAN DAN AIR

Makanan atau air sangat penting terhadap kelangsungan hidup Anda. Cobalah untuk minum hanya ketika keadaan dinginnya di malam hari. Anda dapat hidup sampai tiga hari tanpa air. Jangan makan tanaman yang anda tidak tahu. Jangan minum air seni. Selalu berasumsi bahwa Anda akan membutuhkan makanan tambahan dan air ketika Anda merencanakan perjalanan Anda. Jika mungkin masak air sampai mendidih selama 10 menit saja, ditambah satu menit untuk setiap ketingian 1000 meter di atas permukaan laut. Saring air melalui sapu tangan Anda untuk menghilangkan batu batuan yang ukurannya lebih besar. ketika anda menemukan air, jangan menunggu sampai kurang, isilah persediaan anda.

PERTOLONGAN PERTAMA

Pertolongan Pertama sebagai teknik bertahan hidup bukan hanya kebutuhan dasar medis, itu adalah cara utama di mana Anda bertindak untuk bertahan hidup. JANGAN PANIK, tetap tenang dan melakukan apa yang Anda lakukan. Gunakan filosofi STOP (Sit/Stop, Think, Observe, and Plan) yang artinya Duduk/berhenti, Berpikir, Amati, dan Rencanakan.

Ini adalah hal paling cerdas dapat Anda lakukan ketika Anda sadar bahwa Anda hilang atau tersesat. Unsur yang paling penting adalah untuk menjaga fungsi otak agar tetap rasional, ini adalah pertolongan pertama dasar untuk bertahan hidup. Sebaiknya analisa kebutuhan Anda sebelum perjalanan, buat daftar medis dan bawa peralatan pribadi anda setiap saat. Situasi survival paling hanya membutuhkan pengobatan untuk luka kecil, memar dan kebutuhan obat-obatan pribadi, pastikan Anda tahu apa yang Anda miliki dan bagaimana menggunakannya.

Jangan terlalu banyak membawa barang, bawalah barang yang hanya anda perlu membawanya setiap saat. Berkonsentrasi agar anda dapat di temmukan, bawa juga foto keluarga Anda yang akan mengingatkan Anda tentang alasan untuk tetap tenang dan bertahan. Cegahlah hipotermia dengan menyelimuti diri anda dengan bahan yang tebal.

Kita bisa menerapkan 5 Teknik Dasar dalam Survival di setiap perjalanan kita di alam terbuka, tentunya sebagai salah satu modal kita untuk hidup di alam bebas.


Semangat belajar, Menapak Bumi | Menggapai Langit | Meraih Cita-cita

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply