Kegiatan

Penerimaan Tamu Ambalan 2011

561Views

PTA adalah singkatan dari Penerimaan Tamu Ambalan merupakan serangkaian kegiatan yang tujuannya untuk melatih sekaligus menerima calon Tamu Ambalan menjadi Tamu Ambalan.

PTA tahun ini dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 24 Juli 2011 di Bumi Perkemahan SMAN 2 Ngawi. Para peserta terdiri dari adik-adik kelas X yang mengikuti Pramuka dan ada pula sebagian dari kelas XI yang baru ingin bergabung dengan pramuka.

Semua peserta wajib membawa peralatan yang telah ditentukan oleh Sangker. Selain itu mereka juga wajib mengikuti serangkaianj acara hingga acara selesai.

Acara PTA diawali dengan Upacara adat yang selalu dilakukan sebelum kegiatan Rakasmada berlangsung. Setelah itu peserta mendirikan tenda sangga masing-masing dengan waktu yang telah ditentukan oleh Sangker.

Tak terasa hari semakin sore, untuk menghilangkan kejenuhan peserta, kami dari Sangker mengadakan acara outbound yang sudah biasa diadakan oleh seorang pramuka. Outbound yang kita punya memang masih sederhana, namun cukup untuk menghibur para peserta. Diantaranya adalah meniti satu tali, paving beracun, bom waktu, dan yang terakhir nih paling seru.

Flying fox, nah ini nih outbound yang paling menguji adrenalin para peserta. Gimana nggak, setiap peserta diwajibkan mencoba semua outbound yang disediakan sangker. Namun tenang aja, outbound yang kita sediakan terjamin keamanannya lho. Hehe

Outbound bisa dikatakan berhasil. Hehe,. Semua peserta sangat bersemangat mengikuti serangkaian acara outbound. Selain itu, untuk melatih kekompakan. Tiap sangga diwajibkan menyuarakan yel-yelnya disetiap akan melewati outbound.

Malam pun tiba. Nah, ini acara yang paling ditunggu-tunggu. Yah, Api Unggun!!! Api Unggun merupakan salah satu rangkaian acara dari sangker yang diisi dengan Sharing sharing. Sharing nggak hanya diikuti oleh peserta namun juga dari sangker, kakak angkatan 16 bahkan juga dari para alumni pramuka dan pembina. Sebagian besar acara ini dimanfaatkan bagi kami untuk menambah pengalaman dari cerita-cerita para alumni.

Tak hanya itu, masih banyak rangkaian acara lainnya yang wajib diikuti peserta. Salah satunya JJM atau Jalan Jalan Malam. Bukan Jalan-jalan sih, tapi Jelajah Malam. Jelajah Malam dimulai tepat tengah malam hingga esok harai sebelum Shubuh.

Tak lama, adzan shubuh berkumandang semua peserta sholat berjama’ah di masjid ash-sholihin. Setelah itu peserta dikukmpulkan di lapangan sepak bola untuk melakukan rutinitas anak rakasmada yaitu penyerapan energi matahari. Setelah itu dilanjutkan sarapan pagi. Sebelum acara adat dimulai, peserta dikumpulkan di lapangan sepak bola untuk menuliskan janji-janji nya di Pramuka.

Sekitar pukul 07.00 WIB acara adat dimulai. Dari pos pertama peserta diberi nama rimba dengan nama latin, selanjutnya di pos kedua peserta diguliti potensi masing masing. Lalu dilanjutkan di pos ketiga, yaitu pos ucap janji yang telah mereka buat masing-masing. Dan yang terakhir tradisi adat yang dilaksanakan untuk mengesahkan peserta sebagai Tamu Ambalan R.M Soerjo-RA.Kartini. (df)

ads_rakasmada
RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply