Materi

Pengenalan Sebuah Peta

untuk Navigasi Darat

111Views

Salah satu materi dari Green Scout Adventure (GSA) adalah pengenalan peta. Tentu kita tahu, peta merupakan salah satu peralatan yang digunakan saat mengikuti GSA dengan materi Navigasi Darat, maupun kegiatan-kegiatan Rakasmada lainnya di alam terbuka.

Sesuai pengertiannya, peta merupakan penggambaran dua dimensi pada bidang datar dari sebagian atau seluruh permukaan bumi yang dilihat dari atas dan diperkecil atau diperbesar dengan perbandingan tertentu.

Peta yang diperlukan untuk keperluan navigasi darat adalah peta topografi atau peta kontur. Peta topografi memetakan tempat-tempat di permukaan bumi yang sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis-garis kontur dengan satu garis kontur mewakili satu ketinggian.

KOORDINAT PETA
Koordinat adalah kedudukan suatu titik pada Peta Koordinat ditentukan dengan sistem sumbu yaitu garis-garis yang saling berpotongan tegak lurus (garis bujur dan lintang). Sistem koordinat mengenal penomoran dengan 4 angka atau 6 angka. Untuk daerah yang luas dipakai penomoran 4 angka, dan untuk daerah yang lebih sempit dengan penomoran 6 angka.

NOMOR PETA
Nomor peta merupakan nomor registrasi dari badan pembuat Peta Selain itu juga sebagai petunjuk apabila kita memerlukan peta daerah lain di sekitar daerah yang dipetakan tersebut. Nomor peta terdapat di sebelah kanan atas Peta.

KONTUR
Merupakan garis khayal yang menghubungkan titik-titik ketinggian sama dari permukaan laut. Sifat-sifat garis kontur antara lain :

Merupakan penunjuk ketinggian tertentu (biasanya tercantum nilai ketinggiannya pada peta) dan garis kontur dengan ketinggian lebih rendah selalu mengelilingi garis kontur lebih tinggi, kecuali untuk medan khusus seperti kawah.

Garis kontur tidak pernah saling berpotongan. Beda ketinggian antara dua garis kontur adalah tetap, walaupun kerapatannya berubah-ubah. Daerah datar memiliki kontur yang renggang, sedangkan daerah terjal memiliki kontur yang rapat.

Punggungan gunung/bukit terlihat di peta sebagai rangkaian kontur berbentuk huruf “U” yang ujungnya melengkung menjauhi puncak. Sedangkan lembah terlihat di peta sebagai rangkaian kontur berbentuk “V” yang ujungnya tajam dan menjorok ke puncak.

JUDUL PETA
Merupakan lokasi yang ditunjukkan oleh peta bersangkutan. Judul Peta tertera di bagian atas tengah Peta

SKALA PETA
Merupakan perbandingan antara jarak pada Peta dengan jarak horizontal di lapangan.

1 : 25.000 berarti 1 cm jarak pada peta mewakili 25.000 cm jarak sebenarnya
1 : 50.000 berarti 1 cm jarak pada peta mewakili 50.000 cm jarak sebenarnya

TAHUN PETA
Menunjukkan tentang tahun pembuatan Peta tersebut. Semakin baru tahun Peta maka data pada peta tersebut semakin akurat

LEGENDA PETA
Memuat keterangan-keterangan padaPeta. Misalnya jalan, sungai, pemukiman, dll

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply