Kegiatan

Peserta GSA 19 Implementasikan Berbagai Materi di Tiga Titik Camp

Dok. GSA 19
155Views

NGAWI — Green Scout Adventure (GSA) 19 resmi dimulai Kamis (19/12/2019) di basecamp SMA Negeri 2 Ngawi dengan berbagai kegiatan persiapan untuk penjelajahan selama 4 hari.

Kegiatan pertama yang diikuti oleh peserta GSA 19 adalah Scout Chef, yakni memasak yang dilakukan secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya dengan tujuan membangun kekompakan antar anggota.

Hari kedua, peserta berkegiatan di Selo Ondo sebagai lokasi camp kedua dalam pelaksanaan GSA 19 ini. Di Selo Ondo, seluruh peserta mengikuti orienteering dan pengambilan atribut GSA 19 melalui beberapa pos dan mendapatkan nama rimba.

Peserta juga menyampaikan visi semangat dalam mengikuti GSA 19 sekaligus mendapatkan penyematan slayer oleh purna Ambalan yang turut mendampingi kegiatan. Penyematan slayer di kepala merupakan bentuk perjuangan awal bagi para peserta GSA.

Berlanjut di hari kedua, peserta GSA 19 menuju camp Srambang dengan menerapkan berbagai materi yang telah didapatkan sebelumnya, dari komunikasi, hingga berbagai tugas khusus untuk penerapan navigasi darat.

Di Srambang, peserta yang telah terbagi dalam Green Scout Unit (GSU) ini mengikuti kegiatan cerdas cermat dengan materi umum serta kepramukaan untuk menambah wawasan serta membangun kekompakan.

Hari ketiga, menuju camp Hargomulyo. Selama perjalanan, peserta melewati pos-pos yang sudah dipersiapkan oleh sangga kerja dan menyelesaikan berbagai tugas yang ada di masing-masing pos.

Di Hargomulyo, selain melakukan koordinasi antar anggota GSU dan memasak berkelompok, peserta juga melakukan evaluasi perjalanan dan persiapan untuk kegiatan Search And Rescue di hari terakhir. Pembagian tugas dalam materi ini didampingi oleh fasilitator.

Hari terakhir, Senin (23/12/2019) peserta melakukan simulasi SAR dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dengan beberapa kasus yang telah dipersiapkan di camp Jamus. Peserta yang sebelumnya telah diberikan pembekalan harus menyelesaikan tugas dengan baik sebagai wujud penyerapan ilmu GSA.

Kegiatan diakhiri dengan evaluasi seluruh rangkaian perjalanan yang dilaksanakan oleh peserta, penurunan slayer ke leher serta pelantikan GSA 19 dan prosesi-prosesi lainnya. Upacara penutupan secara resmi dilaksanakan di Buper SMA Negeri 2 Ngawi sekaligus penurunan slayer bagi peserta GSA 19 yang belum. (ach)

RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply