Info Pramuka

JamPuz ID dan Cara Menggunakannya

JotaJoti.info
1.55KViews

Dalam Kegiatan Jamboree on The Air dan Jamboree on The Internet (Jota-Joti) kita mengenal istilah Jampuz. Istilah ini diperkenalkan pertama kali pada pelaksanaan Jota-Joti pada 2010 lalu.

Jampuz menjadi salah satu bagian dari kegiatan Jota-Joti dan merupakan komponen kunci dalam Jota-Joti dan dapat digunakan oleh peserta Jota-Joti, baik menggunakan Radio Amatir dan Internet.

Jampuz ID, biasanya kita dapatkan saat kita telah terdaftar dalam sistem JotaJoti.info dan setiap tahun pelaksanaan selalu berubah, baik dari ID untuk individu maupun ID kelompok, sesuai dengan kebijakan dari penyelenggara.

Kita bisa bertukar kode identitas (Jampuz ID/JID) dengan peserta Jota-Joti lainnya dari berbagai negara dengan berinteraksi dan mengisi data sesuai logsheet yang ada.

Adapun adanya jampuz ini adalah untuk melakukan kontak dengan Pramuka lainnya dan membantu peserta untuk mencatat berbagai negara yang telah di hubungi.

JID kita tertera pada halaman jotajoti.info, tepatnya di bagian menu My account yaitu di menu Update my account. JID Rakasmada adalah : 3ID33D

Dokumen-dokumen Jampuz ID setiap tahun disediakan dalam website jotajoti.info,

Dari dokumen itu kita bisa melakukan penyusunan JID sesuai dengan permainan yang diselenggarakan setiap tahunnya. Permainan ini adalah untuk koleksi saja, tidak ada kewajiban atau keharusan bagi setiap peserta Jota-Joti. (Ach)

ads_rakasmada
RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply