Info Pramuka

Rakasmada Ikuti Launching East Java Green Innovation Kwarda Jatim Tahun 2020

Kak Khofifah, Kamabida Jatim. Foto : Tangkapan Layar~ Zoom
103Views

NGAWI — Kita ketahui saat ini latihan pramuka di pangkalan gugusdepan masih belum bisa aktif kembali, mengingat saat ini masih masa pandemi dan belum diperbolehkan kegiatan tatap muka bagi organisasi siswa.

Namun demikian, banyak kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti secara online baik berupa webinar, pelatihan khusus, ataupun diskusi dengan kakak-kakak pembina. Bahkan jangkauannya bisa lebih luas lagi.

Seperti halnya kegiatan launching East Java Green Scout Innovation 2020 dari Kwarda Jatim. Rakasmada bisa mengikutinya secara virtual, mendengarkan berbagai arahan serta pesan-pesan dari Ketua Kwarda maupun Kakak Kamabida.

Launching East Java Green Scout Innovation 2020 Kwarda Jatim diselenggarakan di halaman Hotel Singgasana, Surabaya pada Selasa (15/9/2020) yang dihadiri langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa.

East Java Green Scout Innovation 2020 merupakan sebuah inovasi dan kreasi dari Kwarda Jatim dalam mewujudkan kepekaan sosial di masyarakat melalui bakti anggota pramuka.

Dalam launching yang diawali sambutan dari Kak Syaifullah Yusuf selaku Ketua Kwarda tersebut, seluruh Kwartir Cabang, 38 Kabupaten/Kota di Jatim juga mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Kak Gus Ipul, panggilan akrab Ketua Kwarda Jatim dalam sambutannya berharap semoga kegiatan tersebut mampu menciptakan kerelawanan Pramuka dalam menjaga lingkungan dan kepekaan sosial.

Disambung dengan sambutan dari Kak Khofifah, bahwa pramuka Jatim melihat tantangan ke depan dengan membuat program East Java Green Scout Innovation yang merupakan sebuah kebutuhan kita semua.

“Sampah berserakan, kita bersihkan, sungai dangkal, kita clean up. Kita melihat adanya lahan-lahan idle, saya mengajak seluruh jajaran Kwarda dan Kwarcab untuk bisa ikhtiar melakukan ketahanan pangan,” kata Kak Khofifah.

Kak Khofifah juga menyontohkan bahwa diberbagai negara saat ini memproteksi ketahanan pangan masing-masing. Maka ketika ada lahan idle harus bisa kita manfaatkan secara optimal sebagai upaya ketahanan pangan.

Selain itu, Kak Khofifah juga menegaskan bahwa Pramuka harus siap di garda terdepan, menancapkan bendera, dan membuat pilar-pilar bagaimana NKRI terjaga dan merah putih berkibar setinggi-tingginya.

Ada yang seru juga dalam launching acara tersebut. Setelah semua prosesi dilakukan, ada bintang tamu artis ibukota, Judika yang menghibur kita semua secara virtual. (Ach)

ads_rakasmada
RakaSmada
the authorRakaSmada
Rakasmada merupakan akronim dari Pramuka Smadangawi yang mempunyai Ambalan bernama Raden Mas Soerjo – Raden Ajeng Kartini. Guguspdepan RakaSmada adalah 02 079 dan 02 080 yang masuk dalam wilayah Kwartir Ranting Geneng, Kwartir Cabang Ngawi, dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Kontak : info@rakasmada.org

Leave a Reply